6 Alasan Aluminium Foil Sebagai Pembungkus Coklat


Penulis : Nilakandi
Tanggal : August 7, 2021

Cokelat bisa menjadi salah satu pilihan camilan saat mengalami hari-hari yang melelahkan atau perasaan yang buruk. Rasa manis, asam dan pahitnya bercampur menjadi satu bersama taburan buah-buahan dan kacang-kacangan yang bisa mengubah perasaan menjadi lebih baik. Dengan begitu ketika suasana hati yang buruk, setidaknya ada kelezatan cokelat yang bisa menjadi penghibur hatimu. Namun, pernahkah kamu memperhatikan saat membuka cokelat dari kemasannya?

Terlihat sebuah cokelat terbungkus oleh kertas berwarna emas atau berbagai macam warna. Tidak banyak orang memperhatikan bungkus yang melindungi cokelat tersebut. Jika kamu perhatikan ternyata bungkusnya terbuat dari lapisan aluminium foil dan substrat kertas.

Membungkus cokelat dengan menggunakan lapisan aluminium foil dan juga substrat kertas menjadi salah satu pilihan produsen cokelat. Selain menggunakan aluminium foil dan substrat kertas, produsen juga biasanya menggunakan amplop plastik berlapis dan plastik wrap. Sayangnya produsen cokelat membungkus cokelat dengan plastik wrap tampaknya sudah semakin berkurang. Mereka lebih memilih dengan menggunakan cara pengemasan dengan menggunakan aluminium foil dan substrat kertas.

Namun, saat ini banyak yang menggunakan aluminium foil berlapis substrat kertas. Yuk, kita bahas alasannya kenapa cokelat dibungkus dengan aluminium foil yang mungkin belum kamu tahu.

  1. Menjaga Kualitas Cokelatnya

    Cara terbaik untuk menjaga kesegaran dan rasa cokelat kesayangan kamu dari pengaruh kondisi luar adalah dengan membungkusnya. Aluminium foil yang selama ini digunakan untuk kebutuhan tersebut ternyata sangat membantu sekali untuk mencegah bau dari makanan lain yang ada di dalam kulkas. Pastikan untuk membungkus aluminium foil dengan benar agar tidak ada udara yang masuk atau keluar.

    Dengan menggunakan aluminium foil juga melindungi cokelat agar tidak pecah atau robek saat dikirim jarak dekat atau jarak jauh dan bisa menjaga bentuk cokelat dalam kemasan.

  2. Dapat didaur ulang

    Aluminium foil ternyata lebih mudah terurai dibandingkan dengan plastik dan bagian dalam dari aluminium foil dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan.

  3. Biaya Produksi Lebih Murah

    Dalam skala produksi masal penggunaan aluminium foil memiliki tingkat efektif dan efisiensi paling tinggi dibandingkan material lain seperti plastik ataupun kertas.

  4. Aluminium Memiliki Sifat Hermetis

    Peranan aluminium foil untuk menjaga kelembapan cokelat karena lebih rapat, kedap udara, tahan cuaca dan mudah dibentuk sehingga kamu dapat menikmati cokelat dalam keadaan utuh dan tetap terasa segar seperti cokelat yang kamu inginkan.

  5. Mencegah Migrasi Minyak

    Aluminium foil memiliki sifat fleksibel, tidak tembus cahaya sehingga dapat digunakan untuk mengemas bahan-bahan yang berlemak dan yang peka terhadap cahaya. Aluminium foil tahan terhadap kelembaban, bakteri, dan semua gas. Karena kemampuannya untuk mencegah bakteri dan kelembaban terutama, ini membantu cokelat bisa bertahan lebih lama daripada jika dibungkus dengan plastik. Maka dari itu, aluminium foil bisa melindungi cokelat dari migrasi minyak seperti mentega cokelat yang berminyak menyebar atau bocor ke luar kemasan.

  6. Mudah digunakan

    Kemudahan mengemas cokelat dengan aluminium foil membuatnya menjadi industri makanan yang paling ideal. Aluminium foil tidak sulit saat digunakan dibandingkan dengan pembungkus dari bahan lain hanya membutuhkan beberapa detik untuk menyelesaikan proses pengemasan.

    Mengemas cokelat dengan aluminium foil akan membantu mencegah makanan bersentuhan dengan kuman, karena sangat resisten terhadap semua bakteri. Karena aluminium foil dapat dengan mudah robek.

Di Nilakandi Chocolate, kami menjual cokelat bar yang dikemas dengan aluminium foil agar kualitas dari cokelat itu sendiri tetap terjaga agar kamu atau orang yang kamu sayangi dapat menikmati cokelat dalam keadaan utuh dan enak seperti cokelat yang kamu inginkan.

Kamu bisa menikmati cokelatnya tanpa ada rasa takut cokelatnya meleleh jika kamu membeli secara online. Kamu bisa melihat-lihat dan menemukan Nilakandi Chocolate di berbagai kanal penjualan. Bisa melalui instagram, shopee, tokopedia, hingga website.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan apa saja alasannya kenapa cokelat dibungkus dengan aluminium foil. Maka dari itu tidak sedikit aluminium foil dijadikan opsi untuk membungkus cokelat. Masih banyak artikel lainnya yang bisa kamu baca disini, untuk mengetahui fakta makanan lainnya, klik di sini.