7 Manfaat Cokelat yang Bikin Kamu Sehat dan Bahagia


Penulis : Nilakandi
Tanggal : August 7, 2021

Siapa sih yang tak suka makan cokelat? Cita rasa yang enak menjadikan kita sulit berhenti saat memakannya. Bukan hanya itu, ternyata jika ditelusuri lebih dalam, ada banyak manfaat cokelat yang bisa kamu dapat ketika menikmatinya.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa kita dapat saat memakan cokelat? Berikut ini 7 manfaat cokelat yang bikin kamu sehat dan bahagiakan harimu.

  1. Membuat Suasana Hati Lebih Bahagia

    Cokelat bisa membuat penggemarnya makin bahagia mungkin sudah sering kamu dengar. Benarkah demikian? Jawabannya tentu saja benar. Keberadaan senyawa fenetilamina menjadi sabab musababnya. Senyawa yang satu ini punya kemampuan untuk memberikan rangsangan bagi meningkatnya daya serap triptofan ke bagian otak. triptofan inilah dapat diolah menjadi dopamin.

    Zat bernama dopamin inilah yang kemudian memberikan efek senang bagi manusia. Sebenarnya bukan hanya bahagia sih, kamu juga akan terpancing lebih semangat dan cenderung lebih bergairah ketika melakukan sesuatu.

  2. Cokelat Membuat Tekanan Darah Stabil

    Darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang umum dan banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Jika kamu menjadi salah satu diantaranya, kamu bisa mengkonsumsi cokelat untuk membuatnya lebih stabil, Mengapa bisa demikian? Jawabannya dikarenakan senyawa-senyawa yang ada pada cokelat punya kemampuan untuk memberikan ketenangan pada saraf-saraf tegang. Khususnya, jika yang dikonsumsi adalah kategori cokelat hitam.

  3. Cokelat Mencegah Penyakit Jantung

    Salah satu penyakit yang paling menakutkan jika diidap oleh manusia adalah penyakit jantung. Kamu tidak mau kan penyakit ini hinggap di tubuhmu? Selain menjaga pola hidup dan pola makan sehat, kamu juga bisa melindungi diri dengan secara rutin mengkonsumsi cokelat. Zat-zat yang terkandung pada cokelat dipercaya memiliki pengaruh untuk menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi cokelat, gangguan resiko kardiometabolik yang berhubungan dengan jantung bisa jadi lebih rendah levelnya.

  4. Cokelat Menjaga Wanita dari Gangguan PMS

    PMS (Pre Menstrual Syndrome) adalah gangguan yang dialami sebelum masa menstruasi. Berbagai gejala PMS ini memang terbilang mengganggu. Bentuk gangguannya bisa berupa nyeri pada beberapa bagian tubuh, hilang nafsu makan, suasana hati buruk, serta yang lainnya. untuk meringankan gejalanya yang mungkin berat bisa mengkonsumsi cokelat. Keberadaan zat-zat yang terkandung di dalamnya dipercaya bisa memberikan pengurangan pada retensi air serta membuat baik suasana hati.

  5. Cokelat Membuat Diet Jadi Lancar

    Kebanyakan wanita punya gambaran body goals berupa bentuk tubuh yang tidak gemuk. Makanya, banyak yang berusaha untuk melakukan berbagai program yang mendukung diet. Tahukah kamu? Cokelat juga sebenarnya bisa dijadikan salah satu makanan yang membantu proses diet bagi yang ingin melakukannya. Untuk menjalankan diet dengan cokelat, sebaiknya kamu konsumsi cokelat hitam batangan. Selain itu, bisa juga dengan minum cokelat yang diseduh dengan air panas.

  6. Cokelat Membuat Kadar Kolesterol Jahat Berkurang

    Kamu sering mengkonsumsi makanan berminyak, junk food, dan berbagai makanan lain yang mengandung lemak jahat? Jika iya, sebaiknya kamu imbangi dengan secara teratur mengkonsumsi cokelat. Manfaat cokelat menurut para ahli salah satunya bisa membantu membuat kolesterol jahat jadi menurun.

  7. Meningkatkan Fungsi Otak

    Selain belajar, kamu juga perlu asupan makanan yang bisa meningkatkan kemampuan otak agar belajar jadi lebih optimal. Cokelat bisa menjadi solusi pendukung untuk meningkatkan fungsi otak. Mengenai hal ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak di tempat yang dibutuhkan.

    Kandungan ekstrak kakao, yang disebut lavado dipercaya bisa mengurangi atau mencegah kerusakan pada jalur saraf yang ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Ekstrak ini bisa membantu memperlambat gejala seperti penurunan kognitif. Penelitian menarik sempat dilakukan oleh Ilmuwan dari Harvard Medical School yang menyarankan untuk minum dua cangkir cokelat panas sehari karena dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan daya ingat pada orangtua.

Bagaimana, banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi coklat? jika kamu mencari coklat yang unik kamu bisa mengunjungi Nilakandi Chocolate. Brand coklat yang satu ini menjual berbagai jenis coklat yang baik untuk tubuh dan diolah menjadi berbagai varian yang memiliki rasa yang enak.

Kemasan nilakandi chocolate juga lucu dan unik, sehingga sangat cocok juga jika kamu ingin memberikan hadiah coklat bagi orang spesial. Dengan berbagai manfaat coklat yang sudah kamu ketahui, rasanya sangat disayangkan ya jika kamu tak menyempatkan beli coklat di Nilakandi chocolate.

Yuk Baca Juga :